Wasiat Terbaru Ustadz Abu Bakar Ba'asyir untuk Para Mujahid

25.3.10

Ledakan Bom Sambut Kunjungan Arroyo di Zamboanga


Zamboanga City (Voa-Islam.com) - Sebuah bom rakitan meledak di Kota Zamboanga mendahului kunjungan Presiden Gloria Arroyo Rabu (24/03) kemarin ke tempat-tempat di wilayah provinsi Basilan, Philipina selatan.

Ledakan terjadi di dekat Zamboanga City Hall pada Selasa sore, namun polisi dan militer mengatakan tidak ada korban yang terluka atau tewas dalam ledakan tersebut. Tidak diketahui apakah ledakan itu berhubungan dengan kunjungan Arroyo ke wilayah bergolak di selatan Philipina tersebut atau ada motif lain.

Ledakan bom menghantam sebuah kawasan di mana sebelumnya ditempati para pedagang Muslim.

Pihak militer mengatakan bahwa ledakan itu mungkin dilakukan oleh orang-orang jahil, meskipun pihak berwenang masih menyelidiki ledakan yang merusak dinding beton itu.

"Ledakan itu tidak serius. Mungkin dilakukan oleh orang-orang jahil, "kata Kolonel Angkatan Darat Santiago Baluyot, komandan  dari satuan tugas anti-teror lokal.

Ledakan tersebut terjadi bertepatan dengan pengumuman polisi bahwa Abu Sayyaf dan pejuang Moro berencana untuk melakukan aksi teror di wilayah Zamboanga.

Arroyo tiba di sebuah pangkalan militer di Kota Zamboanga pada hari Rabu kemarin dan terbang dengan helikopter ke pulau Basilan, markas bagi kelompok Abu Sayyaf dan pejuang Moro lainnya, untuk meresmikan beberapa proyek-proyek infrastruktur pemerintah.

Zamboanga sebelumnya telah dibom beberapa kali, dan belum diketahui siapa pelakunya, namun pihak militer dan kepolisian langsung mengaitkan kejadian-kejadian tersebut dengan kelompok Abu Sayyaf dan pejuang Moro lain dengan alasan bahwa wilayah itu merupakan basis dan tempat mereka beroperasi. (ME)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wdhr